Statuses

Sunat dan Makanan

In Christianity, General on Juni 8, 2007 by Mico


Setelah menuliskan posting terdahulu, saya pikir seharusnya saya berterima kasih kepada orang yang memberikan komentar negatif mengenai kekiristenan, karena dengan demikian maka saya merasa perlu untuk memikirkan kembali mengenai apa yang saya percayai.

Ini komentar dari seseorang bernama Sila di blog saya:

Cobalah buka ada beberapa hal kejanggalan dalam kitab sebagai berikut :

  1. Imamat 11:7, Demikian babi hutan, karena memang berkuku
    belah, yaitu kukunya bersela panjang,tetapi tdk memamah
    biak, haram bagimu (dari ayat ini jelas kristen melarang
    makan babi kenapa masih dimakan, walupun toh babi
    piaraan tapi kan sama saja strukturnya)
  2. Kejadian 17:1-14 Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-
    laki yang ditak dikerat kulit khatannya, maka oarang itu
    harus dilenyapkan dari antara orang sebangsanya: ia telah
    mengingkari perjajian-KU (ayat ini jelas bahwa orang kristen
    harus disunat tapi kenyataan tidak semua orang kristen
    mematuhi ajaran-NYA.
  3. Ulangan 6:4 Dengarlah hai orang israel, Tuhan itu Allah kita,
    TUHAN ITU ESA, dst (apa keEsaan Tuhan Yesus sama
    dengan TRINITAS ?)
  4. Keluaran 20: 4-5 Jangan membuat bagimu patung yang
    menyerupai apa pun yang ada dilangit diatas, atau yang
    dibumi dibawah, atau yang ada didalam air dibawah bumi
    (Kenapa justru orang kristen membuat patung2 apalagi
    menyerupai Tuhan Yesus Kristus)
  5. Samuel 10,11 / Yehezkiel 23 Perempuan itu datang
    kepadanya, Daud tidur dengan Dengan dia.
    (ini adalah ayat yang mengajarkan kemesuman, kitab ini
    sungguh ironis sekali, kitab ini buatan manusia apa Tuhan
    mungkin Tuhan yesus tidak sekotor itu)

Baik. Kesaksian saya akan apa yang saya imani. Iman kepada Kristus Yesus memperbaiki hubungan manusia dengan Allah. Manusia telah diperdamaikan dengan Allah. Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya! (Roma 5:10). Apa maknanya diperdamaikan dengan Allah? Artinya keberadaan manusia secara rohani dipulihkan hingga menjadi seperti manusia awal.

Dalam hal ini menyangkut makanan:

Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau. Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan. (Kejadian 9:3-4).

.

Pada awalnya Allah mengijinkan manusia untuk memakan semua makhluk hidup!

Kemudian dalam Perjanjian Baru:

Markus 7:19 karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?” Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal.

Kesaksian Petrus dalam Kisah Para Rasul:

11:6 Aku menatapnya dan di dalamnya aku lihat segala jenis binatang berkaki empat dan binatang liar dan binatang menjalar dan burung-burung.
11:7 Lalu aku mendengar suara berkata kepadaku: Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!
11:8 Tetapi aku berkata: Tidak, Tuhan, tidak, sebab belum pernah sesuatu yang haram dan yang tidak tahir masuk ke dalam mulutku.
11:9 Akan tetapi untuk kedua kalinya suara dari sorga berkata kepadaku: Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram!
11:10 Hal itu terjadi sampai tiga kali, lalu semuanya ditarik kembali ke langit.

Jadi, saya sampai saat ini mengimani semua makanan halal. Lalu mungkin ada yang mempertanyakan mengapa zaman Perjanjian Lama ada makanan halal-haram? Saya mengimani bahwa yang mau Allah nyatakan adalah bahwa umat Allah harus ‘tampil beda’ dengan umat penyembah berhala. Tandanya apa? Yaitu melalui sunat, melalui makanan halal-haram, melalui peraturan Taurat yang luar biasa ketat.

Saat ini, apakah yang menjadi tanda bagi umat Allah di zaman ini? Iman kepada Yesus Kristus.

About these ads

10 Tanggapan to “Sunat dan Makanan”

  1. Saudara Mico, saya sangat terkesan dengan jawaban2 dari anda, menunjukkan bahwa anda adalah orang mampu bersabar, rendah hati dan cinta damai.
    Saya sebagai orang yang haus firman Allah, mendapat banyak sekali masukkan dari anda.. terimakasih..

  2. hemmmm
    menurut saya jawaban yang di utarakan tuh gak valid kalo masalah bersunat sudah jelas bahwa paulus melarang bersunat, sedangkan dalam kitab perjajnjian lama banyak nukilan dan ayat yang menyatakan tentang kewajiban bersunat.

    terus yang mo saya tanyakan adakah perintah untuk menyembah yesus????
    bukankah yesus pernah berkata kepada iblis sembahlah tuhan ALLAhmu?????

    tereus kenapa umat kristen itu mengkuduskan hari minggu.
    apakah 10 firman ALLAH sudah tidak berlaku ttg hari sabat

    bukankah mengkuduskan hari sabat itu wajib?????

    dan bila salah satu dari ke 10 perintah ALLAh itu di langgar maka berarti melanggar ke 10 hukum ALLAH itu?????

    kalo yesus bersatu dengan tuhan kenapa yesus tidak tau kapan hari kiamat itu????

    coba cari dan baca kitab anda

  3. eh ya kesaksian petrus tuh ma perintah ALLAh valid mana sih????

    bukankah sudah jelas kalo petrus itu juga pendusta buktinya dia menyangkal yesus sbelum yesus di salib

    terus mengenai kebangkitan yesus kenapa di tiap2 kitab kok gak sama ada yang menyatakan maria ini maria itu

    coba anda baca dan telaah sendiri benarkah kitab itu agung kalo isi dari kitab 1 dan lainya bertentangan, apakah rohul kudus itu pikun n lupa kalo ngasih firman???

  4. Dear Reva, Paulus tidak melarang bersunat. Namun juga tidak mewajibkan umat Kristen untuk bersunat. Yang dia katakan adalah sunat maupun tidak bersunat tidak ada bedanya bagi yang beriman kepada Kristus. Dia mengatakan

    Kalau seorang dipanggil dalam keadaan bersunat, janganlah ia berusaha meniadakan tanda-tanda sunat itu. Dan kalau seorang dipanggil dalam keadaan tidak bersunat, janganlah ia mau bersunat. (1Co 7:18)
    Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah. (1Co 7:19)

    Toh, Paulus sendiri bersunat. Silakan baca surat-surat Paulus dan ambil benang merahnya. Surat-surat Paulus kadang nampak bertentangan karena sebetulnya surat-surat itu ditulis dalam konteks tertentu dan ditujukan untuk menjawab persoalan tertentu dalam satu jemaat yang mungkin konteksnya berbeda dengan jemaat yang lain.

    Petrus memang menyangkal Yesus, namun Yesus mengampuninya dan mengatakan: “Gembalakan domba-dombaku”. Di sini keunikan kekristenan, dalam kekristenan pengampunan berlimpah. Orang berdosa pun diampuni dan menjadi alat Allah.

    Soal nama Maria yang berbeda-beda dalam kisah kebangkitan, bagi saya karena nama Maria adalah nama yang umum dan mungkin saja ada beberapa Maria yang datang. Kisah-kisah dalam Injil adalah sebentuk kesaksian. Seperti kesaksian di pengadilan, setiap saksi mungkin menuliskan kisah yang sama dengan detail yang berbeda. Saling melengkapi.

    Perintah untuk menyembah Yesus. Karena Yesus satu dengan Allah Bapa, maka kita menyembahNya. Ini merupakan kesimpulan dari berbagai ayat. Yang menjadi favorit saya:

    (Joh 1:1) Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
    (Joh 1:2) Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
    (Joh 1:14) Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

    Sekedar memancing pemikiran Reva: Allah dalam Alkitab adalah Yahweh, Allah Yahudi. Yesus mengatakan kepada Iblis untuk menyembah Yahweh, Reva menyembah Allah yang mana?

    Mengenai Sabat. Sulit juga ya. Pengertian saya mengenai hari Sabat adalah: satu hari yang dikuduskan di mana umat berhenti melakukan pekerjaan/tugas sehari-hari. Setahu saya tidak ada referensi bahwa Sabat itu identik dengan hari Sabtu atau Minggu atau hari apapun. Yang diminta adalah ‘menguduskan’ satu hari. Jadi apa salahnya jika orang Kristen menguduskan hari Minggu? Itu masalah kebiasaan/tradisi. Tradisi Yahudi Sabat adalah jam 6 sore hari Jumat hingga jam 6 sore hari Sabtu karena perhitungan hari Yahudi dimulai dari jam 6 sore. Nah, perhitungan hari kita saat ini saja sudah beda dengan tradisi Yahudi. Dan bagi saya itu masalah tradisi. Yesud mengkritik ahli Taurat dan orang Farisi karena mereka lebih mementingkan tradisi daripada belas kasih kepada Allah dan manusia. Jadi orang Kristen tetap mengamalkan 10 perintah Allah.

    Mengenai perkataan Yesus mengenai ‘tidak tahu hari kiamat’. Saya juga tidak tahu. Kalau saya temukan penjelasannya saya akan beritahu Reva deh. Atau silakan tanyakan kepada orang Kristen yang lebih paham Alkitab dari saya atau para pendeta misalnya.

  5. Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah. (1Co 7:19)

    mentaati perintah ALLAh. disini amat jelas sekali mas kalau mau mentaati perintah ALLAh ya harus bersunat dan itu penting karena surat2 lain di kitab perjanjian lama mewajibkan untuk bersunat terus bagaimana bisa di bilang tidak penting????

    Soal makanan haram halal itu juga ada mas di kitab perjanjian lama coba mas cari banyak sekali….

    ayat2 yohanes itu tidak bisa di pakai karena itu pendapat yohanes bukan firman ALLAH. yesus emasa hidupnya tidak pernah menyuruh untuk menyembah dirinya melainkan menyambah ALLAH.

    mengenai hari sabat sudah amat jelas kalo sabat adalah hari sabtu..Yesus beribadat seumur hidup hanya hari sabtu dan dia meyakini itu sesuai dengan hukum taurat.

    Kapankah dan oleh siapakah hari Sabat itu diciptakan? Ada dalam Alkitab,” Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu., (Kejadian 2:1-2)

    Alasan apakah untuk tetap memelihara Sabat suci? Hal ini adalah peringatan akan penciptaan. Ada dalam Alkitab,”Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.” (Keluaran 20:11)

    Untuk siapakah Kristus mengatakan bahwa Sabat diciptakan? Ada dalam Alkitab,” Lalu kata Yesus kepada mereka: “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat, (Markus 2:27)

    nih q kasih keterangan bahwa hari sabat tuh hari sabtu

    Matius 28:1
    Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.

    Markus 16:9
    Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.

    Lukas 24:1
    tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.

    Yoh 20:1
    Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur.

    Yohanes 20:19
    Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”

    taruhlah umat kristen sekarang mengkhuduskan hari sabat pada minggu. berarti boleh donk mengkhuduskan hari senin apa selasa apa rabu yang penting ada pemberhentian?? tul gak

    kalo mas miko masih gak ngerti tentang hari sabat nih q kasih ayat2 lain tentang kapan sih hari sabat

    kalo mas miko g percaya dengan ayat2 tersebut apakah mas miko sudah mentaati perintah ALLAh

  6. Dear Reva,

    terima kasih atas inputnya. Jadi maksud Reva Paulus bertentangan dengan dirinya sendiri ya. Dia tidak mengharuskan bersunat sementara dia menghimbau untuk menaati perintah Allah.

    Definisi perintah Allah yang saya fahami dalam surat Paulus adalah: beriman kepada Yesus Kristus. Iman kepada Yesus Kristus menggenapi tuntutan Perjanjian Lama. Sunat, puasa tidaklah lagi merupakan kewajiban, namun jika toh dilakukan tidak apa-apa.

    Kembali ke sunat. Pemahaman saya sunat adalah tanda perjanjian bagi Abraham dan keturunannya. Sebelum Abraham sunat tidak diwajibkan. Silakan cek. Bagi orang Kristen iman kepada Yesus adalah tanda perjanjian itu. Oleh karena itulah Paulus menuliskan yang penting adalah ketaatan kepada perintah Allah: berimana kepada Yesus.

    Demikian soal makanan halal haram. Di Injil Markus dikatakan: dengan demikian Yesus menyatakan bahwa semua makanan halal. Apakah ini juga menurut Reva pernyataan Markus belaka?

    Mengenai Sabat hari Sabtu, Reva yang tidak mengerti adat Yahudi. Sabat Yahudi tidak sama dengan Sabtu. Sabat Yahudi adalah Jumat 6 sore sampai Sabtu 6 sore. Nggak ngerti saya mengapa Reva ngotot Sabat sama dengan Sabtu. Lalu dari ayat-ayat yang dikutip Reva pun saya tidak mengerti dari mana Reva bisa ngotot bahwa Sabat itu hari Sabtu.

    Pemahaman saya, memang tidak masalah Sabat itu hari Minggu, Senin, Selasa atau hari-hari lain selama ada satu hari yang dikuduskan untuk Tuhan. Sabat berarti berhenti.

    Pemahaman saya mengenai Yesus dan rasul-rasul mereka tetap merayakan Sabat Yahudi karena Yesus dan rasul-rasul sebetulnya tidak bermaksud untuk mendirikan sebuah institusi agama baru. Bagi Yesus, Sabat adalah saat kita beribadah. Lebih merenungkan firman Allah. Aturan Sabat yang kaku seperti yang dilakukan orang Farisi membuat merekalebiih mementingkan aturan dan lupa bahwa yang penting “mengasihi Tuhan dan sesama manusia”.

    Bagi saya daripada Reva mempermasalahkan sebetulnya hari Sabat itu Sabtu atau Minggu atau Senin atau hari yang lain. Lebih baik jalani saja ibadah Reva sesuai Sabat yang Reva yakini. Sementara biar orang Kristen tetap menjalani Sabatnya hari Minggu sembari mengingat bahwa hari itu Tuhan Yesus bangkit. Rasul-rasul murid Yesus pun tidak mempermasalahkan masalah Sabat ini (baca Kis 15)

    Terakhir jika Reva mengatakan pernyataan Yohanes bukan firman Allah. Yah, tak ada gunanya meneruskan diskusi. Karena orang Kristen percaya bahwa Alkitab termasuk yang ditulis Yohanes adalah firman Allah.

  7. Mas miko yang budiman saya kagum dengan kebutaan anda memahami al Kitab

    Sekarang saya mau tanya ada gak perintah untuk menyembah Yesus

    dan adakah pernyataan dari yesus langsung bahwa dia Tuhan

    Seumur hidup yesus berdoa dan meminta pertolongan kepada ALLAh.

    kalo yesus itu Tuhan yesus pasti tau hari kiamat mas dan satu lagi yesus itu lahir setelah manusia lahir bagaimana dia bisa jadi tuhan.

    kalo q tanya siapa yang menciptakan manusia apakah yesus???

    Mas miko pernah bilang kalo injil itu kesaksian yang bener injil tiu kesaksian atau firman ALLAH???

    sayabaca injil berkali kali tetapi dalam injil2 perjanjian baru yang saya temukan hanya kesaksian bukan firman ALLAh dan dari injil satu dengan yang lain itu banyak yang bertentangan……

    mas miko Bukan yang berseru kepadaku tuhan tuhan yang akan masuk kedalam surga melainkan yang menuruti kehendak bapaku yang di surga

    menurutku sih yesus gak pernah menyuruh untuk menyembah dia…….yesus menyuruh untuk mengasihi tuhan ALLAhmu dengan segenap hatimu

    jadi siapa yang harus di sembah ALLAh atau yesuskah

    yesus pernah bilang bahwa bapak yang di surga itu lebih daripadaku

    dan yesus itu tidak bisa menuruti kehendaknya karena dia itu utusan…yesus hanya menjalankan perintah dari ALLAh yang mengutusnya……

    nah kalo boleh q tanya kalo yesus aja ngomong kalo tuhan ALLAh itu Esa kenapa kok anda ngotot tuhan ada tiga yang bener yang mana sih mas………

    Esa iu tiga ya?????

    Adakah larangan utnuk menyembah ALLAH?????

    terus kalo menyembah ALLAh apakah berdosa????

    Mas miko ayat2 perjanjian baru itu bukan dari firman ALLAh mas tapi merupakan politik roma, bagaimana mungkin di dalam ayat perjanjian lama yang menyebutkan bahwa tuhan itu esa kok bisa di rubah begitu signifikan?????

    sekarang adilkah keturunan adam yang tidak tau apa2 bisa mendapat dosa turunan?????

    terus kenapa ada surga dan neraka dan kenapa ada dosa kalau ada penebusan dosa. kenapa harus bersusah payah bersakit -sakit. kenapa gak di tiadkan aja dosa2 itu…..bereskan?

    mas harimau aja gak tega makan ankNya sendiri bagaiman ALLAH tega menyakti anakNya……

    Kalau hukum taurat semua itu tidak berlaku mas juga harus meniadakan tentang penciptaan bumi dan isnya di kitab 2 perjanjian lama

    satu lagi mas kalo yesus itu Tuhan ya mas kenapa dia begitu teganya menghukum pohon ara yang tidak berbuah seharusnya dia tahu dong kalo itu bukan musimnya berbuah…
    kan pohon ara yang menciptakan dia…..

    kenapa yesus gak nyuruh pohon ara itu berbuah aja….

    Kalo soal minum-minuman beralkohol berarti halal dong n gak berdosa dong mas?????

    orang yesus aja memberi minuman anggur pada waktu pesta pernikahan…berarti yesus nyuruh orang minum anggur dong waaah enak sekaliiiiiii

  8. Dear Reva,

    terima kasih atas kekaguman Anda. Saya pun mengagumi Anda akan hal yang sama… :)

    Mengenai pernyataan Yesus mengenai ketuhanannya, sudah banyak dibahas. Yesus secara tersirat menyatakan diriNya sebagai Mesias. Lalu apa artinya Mesias bagi orang Yahudi? Silakan cari buku-buku bagus yang mengenai ini.

    Soal tritunggal pun sudah banyak dibahas. Silakan cari buku-bukunya. Salah satunya: Mat 28:19 Karena itu pergilah. Jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa, dan Anak dan Roh Kudus. Dalam bahasa aslinya ayat tersebut menggunakan kata tunggal “nama” dan bukan “nama-nama”. Kemajemukan pribadi Allah tersirat dalam Kej 1:26 “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita…”. Bahasa asli Yahudinya memang “kita”. Ada yang menafsirkan “kita” sebagai “Allah dan malaikat” namun malaikat bukan pencipta.

    Oh ya, mengapa Anda mengatakan seolah-olah saya sendiri yang ngotot bahwa saya ngotot tuhan itu tiga? Saya menyatakan bahwa Tuhan itu esa zat namun dalam tiga pribadi. Jika Anda tidak bisa mengerti, mungkin sebaiknya diskusi dengan rohaniwan Kristen yang lebih berkompeten: menguasai bahasa asli Alkitab (Yahudi, Yunani Koine, Aram), budaya Alkitab, arkeologi. Penafsiran Alkitab adalah pekerjaan yang kompleks, dan saya sebagai umat masih perlu banyak belajar.

    Selain itu, saya berasumsi Anda sudah mulai main hati dan emosi dan sudah mulai mengenyampingkan logika. Anda mengatakan ayat-ayat Perjanjian Baru adalah politik Roma. Apa buktinya? Da Vinci Code? hehehe, maaf Mas. Semua tahu bahwa itu hanya novel fiksi. Sekali lagi… fiksi. Sepanjang yang saya tahu, semua klaim bahwa Alkitab itu hasil politik Roma adalah klaim yang didasarkan akan bukti-bukti yang tidak akurat. Selain itu pertanyaan-pertanyaan Anda semakin membabi-buta, nggak jelas maksudnya, hingga saya tidak mengerti apa yang hendak didiskusikan.

    Komentar terakhir soal alkohol. Yang saya mengerti minum minuman beralkohol itu boleh-boleh saja kok. Namun mabuk alkohol itu dilarang. Anda klaim bahwa banyak baca Perjanjian Lama, kok tidak tahu bahwa para tokoh-tokoh Perjanjian Lama itu minum anggur? Saran saya, lebih banyak baca lagi Mas! Terus baca dengan pikiran terbuka. Singkirkan prasangka, curiga, serta paradigma lama Anda.

  9. Dear, Reva.
    Saya lihat anda begitu sayang kepada Mico dengan memberikan banyak asupan yang cukup berbobot berusaha membukakan mata hati Mas Mico. Memang tidak mudah sih untuk mengingatkan seseorang yang beda keyakinan apalagi kita berhadapan dengan mereka yang tentunya juga ingin mencoba membenarkan apa yang mereka yakinin itu logik. Walau mungkin sekarang Mico sudah mulai berpikir tentang konsep ketuhanan yang diyakini, tentang keaslian dari seluruh ayat dalam kitab yang mereka pegang.
    Berilah waktu sejenak agar Mico merenungkan dan memahami tentang keesaa tuhan, mengapa Jesus mengajak menyembah Allah dan bukan pada dirinya sendiri, mengapa Jesus disunnat tapi yang mengaku mengimani Jesus justru tidak mengikuti, Bagaimana ayat-ayat porno banyak masuk dalam al-kitab, pelajaran apa yang bisa diambil dari ayat tersebut. Tentang makanan Halal dan haram.
    Reva, anda sudah mempunyai niatan yang baik dengan sekedar mengingatkan dan membeberkan sesuatu yang hak.
    Terimakasih, Reva

  10. ” Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (2:183)

    “SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA BAGI SAUDARA-SAUDARAKU UMAT MUSLIM DISELURUH PENJURU DUNIA”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.515 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: